Mempercepat Speed Firefox



Pada artikel-artikel IT, telah dijelaskan bahwa Browser Firefox dapat didongkrak kecepatannya untuk mencapai hasil browsing yang cukup cepat dan menggunakan sedikit waktu. Namun pada artikel-artikel yang telah ada, penulisnya tidak mencantumkan hal-hal yang berkaitan tentang dokumentasi penggunaan dari fungsi-fungsi yang telah ditampilkan pada blog atau forum IT.
Saya hanya mereview fungsi-fugsi untuk mendongkrak speed firefox menjadi lebih baik, artikel ini saya alih bahasakan dari “Oreilly.Firefox.Hacks”. Jika ada hal-hal yang belum anda coba fungsinya, silahkan dicoba untuk diaplikasikan pada browser kesayangan anda para Team OPEN SOURCE dalam dunia IT. Langsung saja kita review fungsinya satu persatu.
Untuk tulisan yang bertanda kutip, adalah merupakan fungsi utama dari firefox.
Silahkan anda buka browser anda lalu ketikkan di url-nya “about:config” tanpa kutip, kemudian di filter bar isikan string-string berikut :
Akan tampil pada browser anda seperti berikut ini :
Firefox
Firefox
 1. browser.cache.check_doc_frequency /* set it to 0, normally 3 */ “Fix-up dial up modem”, Setiap modem yang anda gunakan minimalnya adalah 53,3 Kb, namun dengan menyettingnya dengan bijak, anda akan mendapatkan kecepatan yang cukup signifikan POTS (Plain Old Telephone System) dari yaitu 64 kb.
Khusus untuk yang ini, anda tinggal menambahkannya saja ke dalam browser anda dengan klik kanan lalu – New – Integer dan isikan namanya lalu set dengan nilai 0.
2. network.http.pipelining /* default = false */ network.http.proxy.pipelining /* default = false */ “Produce little effect broadband connection”, Pipelining pada http dan proxy dapat memberikan sedikit efek koneksi broadband bila anda menyettingnya dengan baik.
3. network.http.pipelining.maxrequests /* default = 4 */ “how many pipelined requests are possible”, Merupakan settingan dari request untuk pipelining. Hal ini hanya memiliki sedikit efek saja.
4. network.http.max-connections-per-server /* default = 8 */ “to hammer web servers with many simultaneous requests (suitable for broadband use only)”, Hal ini ditujukan untuk penggunaan jaringan broadband yang cocok saja. Fungsi ini untuk mendongkrak website dengan request secara simultan.
5. network.http.max-persistent-connections-per-server /* default = 2 */ “unfair share of web proxies that you access a lot”, Kita memaksimailkan sharing jaringan dari web proxy yang kita gunakan untuk meminta akses berlebih pada browser. Dan web proxy juga terlalu bodoh untuk menolak request dari browser kita. 6. network.http.max-connections /* default = 24 */ “if you keep millions of tabs and/or windows open (suitable for broadband use only).” Jika anda bekerja dengan ekstra Tab dan Window yang banyak, maka fungsi ini sangat cocok diaplikasikan pada browser anda.
 Koneksi internet… Hmmm kelihatannya merupakan bahasan yang asyik nih. Seperti kita ketahui bahwa koneksi internet di Indonesia adalah hal yang sepertinya adalah barang mahal, bayangkan aja berapa duit yang harus kita keluarkan hanya untuk browsing 1 jam di warnet yang notabene hanya menggunakan metode dial-up connection seperti speedy, ya kita harus merogoh kocek kita senilai Rp 3.000 s/d Rp 6.000. Kalau pakai GPRS dari Im3 yang memberi tariff Rp 1,00 per Kb (volume based) atau Rp 100,00 per menit (time based), wah bisa tekor tuh kalau mau pakai dengan puas. Pasti kalau browsing bentar-bentar selalu cek pulsa, trus pake matiin fitur show images, dan permasalahan klasik koneksi yang lelet.
Nah untuk itu, ada sedikit trik yang bisa dilakuin untuk sedikit mempercepat proses browsing kamu, kali ini bagi pengguna firefox lakuin hal-hal berikut ini:
  1. Buka tab baru, lalu ketikkan “about:config” tanpa tanda kutip pada address bar.
  2. Pada bagian filter, ketik “network.http.pipelining” untuk mencari fitur tersebut, nah kalau udah dapat klik dua kali untuk mengubah value menjadi true.
  3. Ketik “network.http.proxy.pipelining” pada filter, kalau udah nemu fitur tersebut ubah lagi nilainya menjadi true dengan klik dua kali.
  4. Ketik “network.http.pipelining.maxrequests“, klik dua kali dan beri nilai 8. Maksudnya banyaknya request yang akan meminta suatu halaman yang ingin dibuka dalam satu pengiriman request.
  5. Klik kanan di sembarang are, klik New ==> Integer, ketik “nglayout.initialpaint.delay” dan berikan nilai “0”. Maksudnya adalah waktu yang diperlukan browser untuk menunggu sebelum browser bereaksi atas informasi yang diterimanya.

Categories:

Leave a Reply

No Rule's ! but please create your own rule with good rules _.