Pengamanan Telfon iank Dirangkai Secara Paralel

Pembicaraan anda dengan kekasih tiba tiba didengarkan orang lain pasti anda merasa terganggu. 
Bagaimana cara mengatasi masalah itu ? Buat saja rangkaian elektronik Auto Selector Telephone 2 Chanel dibawah ini. 
 ::::::: Skema ; Download : http://www.cluster.siteburg.com/skema.zip 
 ::::::: Cara kerja ; Pada saat pesawat pada kondisi tertutup (oh-hock) tegangan jala-jala sebesar 60 volt, tegangan tersebut masuk melalui input dan diteruskan oleh dioda 2 dan 3 yang dipasang forward. Sebagian tegangan masuk ke R1 dan R2, karena tegangan dari Diode Zener 24 volt, maka kaki gate terpicu dan menyebabkan kaki anoda dan katoda terhubung. 
Dan selanjutnya tegangan mengalir ke dioda 8 dan 9 yang dipasang forward dan selanjutnya tegangan dapat keluar di titik output sehingga kedua pesawat tetap bekerja apabila ada telepon yang masuk. 
 Pada waktu gagang telpon 1 diangkat (off-hock) tegangan jala-jala turun sekitar 5 volt DC. Hal ini disebabkan impedansi pesawat telpon yang besar sehingga block 1 yang menyuplai pesawat 1 akan terkunci on karena secara fungsi itu sendiri, selain untuk saklar juga bisa digunakan sebagai pengunci apabila tidak terjadi perubahan beban. 
 Sedangkan pada block lain karena tegangan kurang dari 24 volt maka dioda zener tidak bisa meneruskan tegangan dan kaki gate tidak bisa terpicu sehingga kaki anoda dan katoda SCR terputus. Dengan kata lain block ini sedang mengalami pemutusan saluran. 
Maksudnya saat ada telpon masuk, kedua telpon berdering. Jika salah satu gagang diangkat maka pesawat yang lain akan putus atau tidak berfungsi. 
Biasanya rangkaian ini dipergunakan pada rumah bertingkat dengan tujuan menghindari penyadapan dan memudahkan kita untuk menerima pesan. 
Sehingga kerahasiaan tetap terjaga :-) 
 ---------------------------------- Komponen ; D1,2,3,4,5,6,7,8 = IN 4007 DZ1 - DZ2 = DZ 24 V LED1, LED2 = Merah, Hijau R1, R2 = 10 K R3, R4 = 100 Ohm C1, C2 = 47 UF / 50 V SCR1, SCR 2 = 2P4M ---------------------------------- Free 4 all :) || 1$ = Rp 0,-

Categories:

Leave a Reply

No Rule's ! but please create your own rule with good rules _.